Tea Tree Oil

Penggunaan Tea Tree Oil agar tidak menjadi pencetus jerawat - beningbersinar

Oleh: Fransiska Anggraini

 

Tea Tree, Yay or Nay?

Gara-gara namanya, orang sering mengira tea tree itu sama dengan tanaman yang daunnya untuk kita seduh dan minum. Bukan, gaes, tea tree itu tanaman semak asal Australia yang nama latinnya Melaleuca Alternifolia.

Minyak tea tree diekstrak dari uap yang ditampung pas daunnya direbus. Reputasi tea tree meroket sejak dikenal punya fungsi antiseptik dan anti-inflamasi, makanya sering dijadiin bahan berbagai produk obat jerawat. Konon, tea tree sama efektifnya ama zat benzoil peroksida yang terkandung di obat jerawat. Bedanya, obat jerawat yang mengandung minyak tea tree digadang-gadang lebih aman karena nggak ada efek samping, seperti kulit yang memerah, kering dan mengelupas. Bener nggak, nih?

Klaim tersebut seiring waktu agak meragukan karena ada lho yang bilang habis ngobatin jerawat dengan produk mengandung tea tree oil kulitnya berasa kering, gatal, menyengat dan terbakar - terutama di pemakaian pertama. Jadi, mana nih yang bener? Tea tree oke kah untuk ngobatin jerawat?

 

Penelitian Kurang Lengkap

Jadi gini, gaes. Emang udah banyak penelitian untuk mempelajari kandungan tea tree, yang salah satu zat aktifnya bernama terpinen-4-ol dan emang terbukti bisa membunuh banyak jenis bakteri, termasuk yang penyebab jerawat. Pada 2015 dikeluarinlah laporan ilmiah berdasarkan percobaan pada segelintir orang yang disuruh pake obat jerawat yang mengandung lima persen minyak tea tree dua kali sehari selama beberapa hari. Hasilnya, obat jerawat tersebut tercatat bisa mengurangi kerusakan jaringan kulit yang lagi berjerawat. Tapi sayangnya, penelitian tersebut masih banyak ninggalin pertanyaan yang belum terjawab kalo tea tree oil beneran manjur buat obat jerawat.

Makanya di 2016 diselidiki lagi laporan 35 penelitian yang melibatkan 3.227 responden. Bener aja, ternyata emang nggak banyak data yang mendukung kalo obat jerawat yang mengandung lima persen minyak tea tree bisa efektif mengobati jerawat. Kalo pun beneran bisa, gimana cara kerjanya aja belum terjawab.

Yawlaaa gaes, panjang ya urusan cuma untuk mengonfirmasi satu pertanyaan ini aja!

Minyak tea tree emang bisa mengurangi bakteri di kulit dan mengurangi inflamasi, tapi masalahnya, nggak semua jerawat itu disebabkan bakteri, ya kan? Ada juga jerawat yang berpangkal dari kelebihan minyak sehingga pori-porinya tersumbat, selain ada juga jerawat yang nongol gara-gara hormon. Nah, jerawat yang nggak disebabkan sama bakteri apakah juga bisa disembuhin pake minyak tea tree? gitu kira-kira pertanyaan para ilmuwan yang menyelediki lagi khasiat tea tree di 2016.

 

Kenali Penyebab Jerawatmu

Abis menelaah lagi 35 penelitian tentang tea tree tersebut, diwawancarailah beberapa dermatologis dan hampir semua setuju kalo buat jerawat yang disebabkan bakteri, tea tree emang bisa membantu dengan cara mengurangi populasi si bakteri di kulit.

Tapi buat jerawat yang penyebabnya non-bakteri, menurut para dermatologis tersebut, tea tree baru bisa kerasa khasiatnya kalo didampingi sama bahan atau treatment lain. Misalnya di kasus jerawat karena produksi minyak yang lebay, caranya ya dibikin gimana biar kulitnya seimbang antara air dan minyak. Karena kalo cuma pake tea tree doang, yang ada malah bikin kulit kering dan justru memicu produksi minyak makin nambah dan akhirnya jerawat ora uwis-uwis.

Minyak esensial sendiri adalah ekstrak botani berupa konsentrat sehingga nggak disarankan untuk langsung diaplikasikan ke kulit karena bukannya mengobati, tapi bisa jadi malah bikin masalah baru, seperti iritasi dan kemerahan. Lagian, minyak tea tree yang udah lama (nggak fresh) juga bisa memicu munculnya alergi.

Jadi yang punya kulit sensitif atau bermasalah dengan eczema dan rosacea, emang nggak disarankan make produk apa pun yang mengandung minyak tea tree. Ya kan kulit sensitif itu artinya lapisan terluar kulit nggak bisa melindungi kulit secara optimal seperti kulit yang normal. Kulit yang skin barrier-nya bermasalah juga bikin kulit jadi punya celah – biarpun ukurannya mungkin kecil banget alias mikroskopik – untuk bikin nguap air yang tersimpan di bawah kulit dan akhirnya bikin kulit jadi dehidrasi. Ngolesin tea tree di lapisan terluar kulit yang kondisinya kayak gini, ya pastinya malah bikin kulit iritasi saking keringnya.

Buat yang udah yakin penyebab jerawatnya adalah bakteri dan nggak mau pake obat jerawat buatan pabrik, ya bisa sih langsung oles-oles minyak esensial tea tree ke muka. Tapi jangan lupa untuk dicampur carrier oil dulu karena minyak tea tree ini emang tergolong keras. Carrier oil-nya juga jangan sembarangan, karena minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak alpukat justru akan bikin pori-pori tersumbat dan memperparah keadaan jerawat. Minyak almond adalah yang paling bisa dipake untuk dicampur sama minyak tea tree dalam rangka ngobatin jerawat karena sifatnya nggak menyumbat pori. Tapi kalo udah dicampur carrier oil masih terasa keras di kulit, minyak tea tree-nya bisa dicampur sedikit air dulu. Saran dari para dermatologis, cara paling praktis nyampurin minyak tea tree adalah ke jenis serum berbahan dasar air atau yang berkhasiat sangat melembabkan, jadi kulit pun nggak kaget dan nggak kering-kering banget jatuhnya.

Tapi ya gaes, daripada ribet, mending kalo butuh spot treatment yang mengandung minyak tea tree untuk ngobatin jerawat, carilah di lapak aja!  Bisa cobain NARUKO Tea Tree Shine Control & Blemish Clear Serum yang udah jelas khasiatnya, selain bahan aktif Tea Tree, masih ada banyak pilihan lain untuk meredakan jerawat, seperti Dr. Hsieh 30% Gel. Gak perlu nyampur-nyampur sendiri yang malah berisiko salah dan bikin jerawat nggak sembuh-sembuh.

Lagian, minyak esensial tea tree ini tricky, lho. Karena bisa beroksidasi kalo terekspos cahaya dan udara, pastikan kalo mau beli minyak tea tree, pilih yang dijual dalam wadah kedap udara dan botolnya gelap. Usahakan juga untuk selalu ikuti jangka waktu pemakaian yang direkomendasiin di label.

Jadi gitu gaes, silakah cari tau dulu penyebab jerawat masing-masing. Jangan langsung oles-oles obat jerawat yang mengandung minyak tea tree karena belum tentu efektif dan malah bikin jerawat makin parah. Cara merawat jerawat udah pernah dibahas sebelumnya. Yang kelewatan bisa baca di https://beningbersinar.com/blogs/serba-serbi-skincare/jerawat.

Baca lebih lanjut

Viral TCA (Trichloroacetic Acid) Peeling yang menjanjikan hasil cepat namun berbahaya - beningbersinar

TCA (Trichloroacetic Acid) Peeling

Grafis cleansing balm - beningbersinar

Cleansing Balm

Ilustrasi Mineral Oil - Bening Bersinar

Mineral Oil

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar.