Pelembap

Pelembap - beningbersinar

Tahukah kamu bahwa kulit wajah akan terus menguapkan air? 

 

Air menguap dari lapisan terendah kulit terus naik keatas ke lapisan terluar, kondisi ini disebut dengan Trans Epidermal Water Loss (TEWL). 

 

Menurut buku yang berjudul Applied Dermatotoxicology (2014, 1-10) rata-rata TEWL yang terjadi pada manusia adalah sekitar 300-400 mL / hari. Namun, hal itu dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan dan intrinsik. Dalam kelembaban tinggi, jumlah kehilangan air akan menurun karena penurunan gradien tekanan uap air. 

 

Jika TEWL ini tidak di cegah atau diminimalisir maka inilah yang bisa menyebabkan kulit kering dan bahkan dehidrasi karena kulit kekurangan kadar air. Perlu diingat bahwa dehidrasi tidak hanya terjadi pada kulit kering, karena penyebab kulit berminyak-pun bisa jadi karena dehidrasi.

 

Bagaimana caranya agar kulit tetap terjaga kadar airnya?

Sudah jelas sesuai judul pakai pelembab!

 

*tapi kulitku berminyak banget dan jerawatan, pakai pelembap nanti makin lembap beratı jadi tambah berminyak dong?* 

*aku udah pakai pelembap dari jaman kapan tau, tapi kulit masih aja kering*

 

Ok, tarik napaaas, tenang, kita bahas satu persatu ya Buibuk.

 

Sebenarnya, bagaimana sih cara kerja Moisturizer itu?

Moisturizer sesuai dengan namanya yang berarti “Pelembap” berarti fungsinya ya memberi kelembapan dong, eh...tapi apa benar fungsinya “memberi kelembapan”? Dr Tsippora Shainhouse, MD, FAAD, dan Penelitian dari Mayo Clinic menjelaskan bahwa fungsi Moisturizer adalah sebagai “Segel” atau “Pengunci” air/kelembapan pada kulit.

 

Sekarang, coba pikir-pikir lagi deh.…

 

Jika cara menggunakan moisturizer yang paling umum dilakukan adalah “menggunakannya saat kulit dalam keadaan kering” sedangkan fungsi Moisturizer itu sendiri adalah untuk “Mengunci air atau kelembapan” menghindari air yang menguap pada kulit padahal kulit kering itu sudah pasti kandungan air didalam kulitnya sudah menguap, lalu apa yang mau dikunci? 

 

Paham ya sampai sini kenapa yang sudah pakai moisturizer tapi kulitnya tetap kering atau yang tidak pernah pakai moisturizer kulitnya semakin berminyak. Karena kulit dehidrasi itu berarti kekurangan sebum atau minyak alami pada kulit sehingga kulit bekerja menjadi lebih “extra” untuk mengeluarkan minyak.

 

Jadi percumalah menggunakan pelembab pada kulit kering. Akibatnya jadi buang-buang produk, nirfaedah dan malah bikin frustrasi.

 

Wahduuuh…Jadi cara pakai Moisturizer yang benar itu gimana sih?

Banyak #rakyatjelita yang tidak mengetahui bahwa penggunaan Moisturizer itu sebaiknya dalam keadaan kulit yang “basah” tapi bukan berarti abis cuci muka langsung templok moisturizer di muka yang basah kuyup loh ya!

 

Maksudnya, jelas kan bahwa kulit kering dan dehidrasi itu kekurangan apa? Yap,  kadar air! Jadi, hal paling pertama yang dibutuhkan sebelum menggunakan moisturizer adalah Air (disini lah kenapa ada yang namanya First Essence adalah #koentji, juga penggunaan Hydrating Toner YANG BERKUALITAS BAGUS atau ada juga Face Mist untuk menjawab permasalahan unsur air dalam kulit). 

 

Hydrating toner diaplikasikan pada saat kita selesai mencuci muka, gunakan sampai kulit terasa “basah”. 

 

Lalu, masih ada lagi lho yang dibutuhkan kulit setelah penggunaan Hydrating Toner namun sebelum pakai Moisturizer

 

Apakah itu? HUMECTANT!

 

Apa pulaaaaak itu Humectant?!!! 

Tenang tenang, Humectant ini adalah kandungan yang berfungsi untuk mempertahankan dan menjaga kelembapan, bekerja sangat luar biasa dalam mempertahankan kelembapan.

 

Cara kerjanya seperti magnet yaitu menarik air dari luar untuk masuk kedalam kulit sehingga kelembapan bisa terjagaHumectant ini banyak jenisnya tapi ada 2 yang paling umum kita temukan dalam skincare yaitu Hyaluronic Acid dan Glycerin.

 

Biasanya kedua unsur itu bisa didapat dalam kandungan produk apa gaeees?

Iya betul Serum!

Setelah kandungan aktif untuk menjaga Air dalam kulit sudah digunakan, ini saatnya “menutup” atau “mengunci” agar Air tidak mudah menguap. Inilah saatnya menggunakan EMOLLIENT! *loh bukannya pakai Moisturizer? *Iya Emollient ini maksudnya Moisturizer, alias dikenal juga dengan nama panggung PELEMBAP, ciri-cirinya biasanya mengandung triglycerides, squalane, oils, silicones, dan wax.

 

Atau mudahnya, cara menggunakan Moisturizer yang benar agar manfaatnya nyata terasa adalah sebagai berikut:

 

Setelah mencuci muka, dalam keadaan lembap gunakan:

1. First Essence dan Hydrating Toner, gunakan sampai kulit terasa “basah” dan jangan menunggu hingga benar-benar kering, tetapi saat kulit dalam kondisi lembap agak basah (masih terasa ada air dari Toner atau First essence) bisa langsung aplikasikan tahap berikutnya ini.

 

2. Serum, gunakan serum yang mengandung Humectant seperti Hylauronic Acid atau Glycerin yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit dengan menarik Air. Masih sama seperti tahapan sebelumnya, sebelum dia mengering seluruhnya, lanjut ke langkah berikutnya.

 

3. Moisturizer/Pelembap, gunakan sedikit saja tidak usah berlebihan karena fungsinya memang hanya untuk “mengunci” semua kandungan Air yang sudah di aplikasikan sebelumnya. Kalau tetep nggak pakai moisturizer, percuma loh karena kandungan Air didalam kulit akan cepat menguap dan kulit akan terus kering.

 

Cara penggunaan seluruhnya sudah dijelaskan lengkap di #beningbersinarFAQ bagian Dosis & Cara Pemakaian

 

Gimana gimana? Sudah sangat jelas kaaaan…mulai penasaran ingin langsung praktekin cara diatas atau pingin lihat-lihat produk Pelembap andalan yang kita sediakan? Seperti biasa pasti sudah dipilih khusus produk-produk yang terbukti nyaman, efektif dan berfaedah nyata bagi kemaslahatan wajah masyarakat luas. Bisa langsung cek di sini ya!

Baca lebih lanjut

Perbandingan Vitamin C - beningbersinar

Perbandingan Vitamin C

Grafis cleansing balm - beningbersinar

Cleansing Balm

Grafis Niacinamide - Bening Bersinar

Niacinamide

Komentar

Izzatur Rahmah November 7 2020

Sempet ga yakin sama first essence. Beberapa sumber yang dibaca pernah bilang kalau first essence. essence itu cuma beda nama aja. Padahal sama dengan hydrating toner. Tapi pengalaman ternyata lebih membuktikan. First essence bener-bener ngebantu skincare selanjutnya lebih menyerap. Pernah kehabisan first essence, rasanya ada yang kurang. Hydrating toner, essence, serum terasa ga “nempel” dan ga nyerap dikulit tanpa first essence.

OlgaStalinovitsky May 15 2020

Aq sudah sering baca2 tulisan jeng bening dan selalu happy karena mudah di hayati ceunah 🤗