Over Exfoliation (Bagian Pertama)

Over Exfoliation (Bagian Pertama)

Banyak orang menganggap bahwa (satu-satunya) jalan kalau mau kinclong haruslah dengan menerapkan Exfoliation.

Bahkan, banyak yang menggunakan istilah "double toning" tanpa paham arti sebenarnya maupun prosedur yang terkait didalamnya.

Jadi apakah exfoliation itu? Apakah betul itu sebuah hal mutlak demi menggapai kekinclongan nan HQQ?

EXFOLIATION = PENGELUPASAN

Kulit manusia akan mati dan kemudian rontok secara alami dalam jangka waktu tertentu. Siklus normal mengganti seluruh kulit itu sekitar 28 hari - jika kita dalam kondisi sehat bugar metabolisme prima, maka tiap 28 hari kita akan "bersalin rupa"hehehe.

Masalahnya, seiring pertambahan usia, maka metabolisme kita pun akan melambat. Pergantian sel-sel kulit secara alami juga akan melambat, dan terjadi penumpukan kulit mati. Inilah yang menyebabkan kulit menjadi kusam, tidak bersinar apalagi terlihat sehat berseri-seri. Sementara itu, kesehatan kulit sangat bergantung pada asupan air dan kelembapan yang maksimal. Maka kulit yang tidak seimbang kadar air & minyaknya, tidak mungkin bisa sehat. Sehingga mustahil juga sanggup meluruhkan seluruh sel kulit mati secara alami tanpa bantuan dari luar. Disini gunanya proses Exfoliating.

Exfoliating sendiri terdiri dari 2 jenis :

Physical Exfoliation : menggunakan produk abrasif, seperti scrub atau bahkan gesekan dari kapas dan atau kain lap pengangkat First Cleanser, misalnya (saat cuci muka dengan cleansing milk/cream dan harus diangkat menggunakan lap basah).

Chemical Exfoliation : menggunakan acids. Khasiatnya dirasakan secara bertahap, minimal dalam seminggu. Penggunaan produk acidic (dengan pH rendah dibawah 5 untuk bisa bertugas mengelupas dengan baik) ini harus dibayar lunas dengan produk-produk melembapkan yang penuh kadar air dan minyak untuk mengkompensasi iritasi dan kekeringan yang ditimbulkan oleh acids. Lebih lengkapnya bisa dibaca di bagian Exfoliating Toner/Pads/Treatment.

Produk Exfoliating bule, biasanya selalu ngambang dalam memberi penjelasan tentang protokoler pemakaian yang tepat (Alpha H Liquid Gold dan Novexpert Peeling Nuit adalah salah dua yang paling jujur).

Sementara produk Asia, terutama Korea justru sebaliknya. Selalu kasih wanti-wanti, kalau pakai produk ini, jangan pakai produk Exfoliating lainnya lagi. Minimal istirahat seminggu sebelum pakai produk Exfoliating ini, jangan dikombinasi dengan A, B, C (biasanya vitamin C, Retinol dan physical scrub adalah beberapa contoh).

Padahal, sepanjang pengalaman saya, buanyak sekali menjumpai orang yang pakai EXFOLIATING TREATMENT (!!!) sebagai toner lantas kebingungan pas kulitnya bukannya jadi keminclong malahan jadi hancur - iritasi, kemerahan, malah jerawat pada mbledug semua.

Tolong sebagai konsumen, pahami produk yang dipakai. Baca judulnya, kalau perlu browsing penggunaan dan ingredients. Ini semua adalah tanggung jawab pengguna, bukan penjual. Paham dulu dan yakin butuh, sebelum main belanja dan digunakan secara tidak tepat guna.

Apa saja zat dan cara eksfoliasi yang tepat untuk jenis kulitmu? Lanjutkan baca Over Exfoliation (Bagian Kedua).

Baca lebih lanjut

Dampak Sinar Matahari - beningbersinar

Dampak Sinar Matahari

Grafis cleansing balm

Cleansing Balm

Over Exfoliation (Bagian Kedua)

Over Exfoliation (Bagian Kedua)

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar.