4 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Iritasi akibat Over Exfoliating

4 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Iritasi akibat Over Exfoliating

Lantas, kalau udah terlanjur dehidrasi, iritasi, jerawatisasi, kemudian saya harus gimanaaaaahhh?!

Nggak usah ditambah pakai ngeyel - "tapi, temenku pakai Pixi/GG/BHA/blablabla dan kulitnya muluuuusss, kinclonggg"

Ya wes lah ya. Ditunggu dulu sampai kapok kaaan kulit orang beda-beda lho Mbaksiiiss. Sekarang kinclong minggu depan bisa pedih ngilu mbledug lhoo.

Tapi kalau sudah kapok, siap bertobat, mau fokus ke mengembalikan lapisan pelindung alami kulit serta menyehatkannya kembali, berikut langkah-langkah yang bisa ditempuh :

  1. Ganti dulu ke produk-produk yang lebih lembut mengayomi kulit. Kalau kulitnya sudah nggak kasar bruntusan komedoan, bisalah stop dulu sebentar, dikembalikan dulu pertahanan alami kulitnya.

  2. Gunakan hydrating toner yang bagus. Maksudnya bagus bukan mahal, melainkan cocok di kulit, dan efektif meningkatkan kadar air di kulit. Berlaku untuk semua jenis kulit. Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut definisi Hydrating Toner yang bagus.

  3. Ini juga harus diamalkan oleh segala jenis kulit, terutama yang kulitnya combi-oily dan oily: gunakan Emulsion! Ini efektif dalam memperbaiki kerusakan akibat dehidrasi, karena mudah terserap kulit. Saya udah coba skip emulsion, langsung pakai cream (terutama pagi hari) dan hasilnya pori-pori mekar semua siangnya. Jadi, rajin pakai ini ya. Minimal dalam masa-masa berstatus korban dehidrasi / iritasi produk kekerasan.

  4. Sheet Masking. Luar biasa berfaedah! Setiap habis pakai ini, selalu paginya pori-pori rapet kayak perawan tingting. Nggak selalu harus pakai masker beli jadi, bisa juga pakai kapas dibasahi hydrating toner kesayangan (CSM, Google deh) atau in-between essence atau sheet mask kosong (harus direndam toner) bisa didapatkan di Muji, Daiso, counter Kosé, Menard, bahkan sekarang Miniso dll juga banyak jual. Kalau rajin, lakukan tiap malam. Tindakan favorit saya adalah: Double Cleansing - Pre-Serum / First Essence - hydrating toner - serum-serum dulu (terutama yang sifatnya melembabkan) - facial oil - baru templok sheet mask. Supaya semua "terpaksa" diserap maksimal oleh kulit. Setelahnya, baru lanjut Emulsion, Cream dan Sleeping Mask. Facial Oil ini perannya penting sekali memperbaiki kesehatan kulit, dan menggunakannya sebelum sheetmask menjamin penyerapan secara lebih maksimal juga.

Pasti cepet pulih!

Baca lebih lanjut

4 Aturan Penting untuk Menghindari Over Exfoliating

4 Aturan Penting untuk Menghindari Over Exfoliating

Alkohol dalam Skincare - beningbersinar

Alkohol dalam Produk Skincare

Tips Memilih Eye Cream - BeningBersinar

Tips Memilih Eye Cream yang Cocok sesuai Kebutuhanmu

Komentar

Izzatur Rahmah November 11 2020

Alhamdulillah akhirnya selesai juga 3 bab pembahasan tentang over exfoliation. Biasanya kalau saya udah ngerasa berlebihan pakai exfoliation saya balik lagi ke basic skincare tanpa exfoliate berhari-hari sampai kulit normal kembali. Pakai serum-serum yang melembabkan. Pakai face oil. Tapi untuk pakai sheetmask untuk sejauh ini belum. Karena berkali-kali ganti sheetmask tetep aja muka merah iritasi dan jerawatan setelahnya. Mungkin nanti kalau udh yakin nyoba sheetmask lainnya.

Namira April 22 2020

Waw. Beneran face oil sebelum sheetmask yaa.. kayanya harus coba