4 Aturan Penting untuk Menghindari Over Exfoliating

4 Aturan Penting untuk Menghindari Over Exfoliating

Sebelum mulai oles-oles acids, harap pahami beberapa point:

  1. Umumnya, kita hanya perlu maksimal 2 jenis exfoliants saja.
  2. Kalau mau pakai exfoliating toner HARUS disertai penggunaan hydrating toner yang bagus juga.
  3. Kalau kulitnya sudah terawat dengan baik, gunakan produk exfoliating yang lebih gentle. Mempertahankan wajah berseri-seri itu jangan sampai kebablasan, karena bukannya jadi berseri nanti malah bisa jadi mbledug kalau kebablasan jadi Over-Exfoliation.

4. Over-Exfoliation ditandai dengan kulit yang kusam, pori-pori mekar, gampang merah-merah. Urutannya: dehidrasi - iritasi - bruntusan/jerawatan. Atau kering dilengkapi rasa ketarik-tarik, tegang sampai keluar garis-garis halus seperti keriput.

Jenis-jenis Exfoliants:
Sekarang mari membahas jenis-jenis exfoliants - benda/produk yang mempercepat proses peluruhan kulit mati.

1. Washcloth yang digunakan untuk menghapus Cleansing Cream/Milk/Oil.

2. Physical scrub - perlu mulai dihindari ya. Nggak haram sih, cuma dikurangi deh. Abrasive itu ke kulit soalnya, kecuali kalau usia masih belasan tahun atau awal 20an. Itupun jangan sering-sering, maksimal seminggu 2x aja udah cukup.

    3. Physical Peeling (biasanya dalam bentuk gel/cairan atau lembaran kapas bertekstur khusus yang telah dibasahi cairan acids). Meskipun lebih Gentle, tetap abrasive juga. Jadi tetap harus hati-hati dan tidak digunakan dengan tenaga berlebihan. Inget ini mengusap wajah, bukan ngosrek pantat wajan kan hahah! iUniK Lime Peeling Gel merupakan salah satu physical scrub yang sangat lembut ke kulit namun efektif mencerahkan, sementara seluruh varian Neogen Peeling Pads lembaran kapasnya didesain khusus untuk melakukan pengelupasan fisik juga secara halus dan aman.
    Exfoliating Toner - Gentle.

    4. Paling gentle yang mengandung PHA, seperti Skin1004 Toning Toner. Untuk yang berbahan dasar BHA, produk Korea hanya boleh menggunakan plant-based salicylic acids (dari buah & tumbuhan) sehingga terkenal gentle. Dua pemenangnya adalah ISOI Bulgarian Rose Pore Tightening Toner dan tentunya Benton Aloe BHA Toner. Berbagai Toner Asia lainnya yang juga mengandung exfoliants biasa juga disebut sebagai Clear Toner atau Brightening Toner.

    5. Exfoliating Toner - medium.
    Biasanya yang AHA/BHA seperti CosRX AHA BHA Clarifying Treatment Toner, Manyo Factory AHA BHA Clearskin Toner, Mizon AHA BHA dll. Sekarang banyak yang mengkombinasikan Physical dan Chemical Peeling, masuk ke kategori medium juga seperti Neogen (Wine, Green Tea, Lemon).

    6. Exfoliating Toner
    Nah, ini yang paling banyak menimbulkan masalah, terutama yang happening seperti Pixi. Kalau penasaran sama produk-produk masuk kategori keras ini, mendingan cobain samples nya dulu deh.

    7. Resurfacing Serum: berbagai serum yang mengandung AHA, BHA, PHA, namun persentasenya kecil dan banyak mengandung elemen hydrating/moisturizing.

    8. Retinoid - Retinol dan para kerabatnya. Hiyak ini juga exfoliating lho, makanya harus buffering dan dikompensasi produk-produk moisturizing lagi, dan sekarang sudah banyak yang memang diformulasi sekaligus dengan bahan yang melembapkan seperti Votre Peau Retinol dan Skeyndor Retinol

    9. Vitamin C Serum
    . Makanya kan terkenal bagus untuk bantu mencerahkan dan menipiskan berbagai noda - karena kulitnya diluruhkan. Juga, banyak yang dosisnya tinggi itu pH nya rendah (sehingga akan lebih aktif lagi exfoliating) maka makin tinggi resiko iritasi ke kulit. Hati-hati ya.

    10. AHA Treatment, seperti CosRX AHA Whitehead Power Liquid - INI BUKAN TONER LHOOO! Ini kenceng banget, merontokkan kulit, basmi komedo. Sebaiknya kalau sudah bersih dari Whiteheads, pakai 2x seminggu aja buat maintenance. Ada juga serum AHA dalam bentuk Mandelic Acid seperti Dr Hsieh Home Peeling 10% yang bisa digunakan ke seluruh wajah secara teratur untuk memelihara kekinclongan wajah sambil menangkal tumbuhnya jerawat baru. Bisa digunakan 3x seminggu ke seluruh wajah. Bagi kulit yang masih muda dan kuat bisa perlahan ditingkatkan frekuensi penggunaan sampai selang-seling tiap 2 malam (tapi perhatikan reaksi kulit masing-masing ya)

    11. BHA Treatment seperti CosRX BHA Power Liquid, PC BHA Liquid 2% - ini juga BUKAN TONER!!!

    12. Resurfacing Mask
    , seperti REN Glycolic Acid, Tata Harper Resurfacing Mask, dll.

    13. Alpha- H Liquid Gold, Skeyndor Derma-Peel Pro Resurfacing Peel Concentrate, Novexpert Peeling Nuit, Sunday Riley Good Genes : ini dia yang namanya perawatan khusus. Efektif dan praktis. Tapi, ya tetep keras banget lho ini. Perhatikan banget protokoler penggunaan, baik frekuensi maupun jeda. Kalau udah kinclong, bisa dipakai 1-2x seminggu aja. (harusnya tiap 2 malam selang seling), dan Skeyndor serta Good Genes harus dikasih jeda dulu sebulan setelah habis 1 botol.

      Rekomendasi Produk Exfoliating:
      Berikut beberapa rekomendasi produk Exfoliating. Ini hanya beberapa yang pernah dicoba, dan suka. Pasti masih banyak favorit lainnya, silakan share produk-produk andalanmu di kolom komentar di bawah karena saya juga pengen nyobain!

      • Exfoliating Toner - Gentle
        Benton Aloe BHA Toner, ISOI Bulgarian Rose Pore Tightening Toner, Nip + Fab Dragon's Blood, REN - lupa nama serinya, Hada Labo PHA Mild Peeling, Menard Fairluscent Clear Toner, Bhumi Exfoliating Toner (kedua jenis), Avoskin Miracle Toner dan Avene Cleanance Exfoliating Toner juga katanya gentle.
      • Exfoliating Toner - medium.
        CosRX AHA BHA, Manyo Clearskin AHA BHA, FAB Radiance Pads, Nip + Fab Glycolic Pads, CosRX Blemish Control Pads, Neogen Pads (semua varian)
      • Exfoliating Toner - XXX
        Pixi, FAB Blemish Patrol Pads, Clearasil Pads.
      • Exfoliating TREATMENT - penghilang jerawat dan komedo maupun komodo, INI SAMA SEKALI TIDAK TERHITUNG SPECIES TONER LOH YAAAA!: Liquid Gold, CosRX AHA Whiteheads Power Liquid, CosRX BHA Power Liquid, Nip + Fab Glycolic Fix, PC BHA sekian persen.

        Tujuan utama penggunaan Exfoliating Products adalah untuk menghilangkan lapisan kulit mati, supaya Skincare lanjutan bisa terserap dengan baik. Juga menghilangkan impurities seperti Whiteheads dan Blackheads.

        Kalau saya sih, patokannya ujung hidung. Selama daerah situ sudah tidak terasa kasar bruntusan, juga tidak terlihat ada bintik-bintik hitam di hidung, berarti kondisi aman!

         

        Nah kalau sudah terlanjur over-exfoliation apa yang harus dilakukan? Baca di Over Exfoliation (Bagian Ketiga).

        Baca lebih lanjut

        Over Exfoliation - beningbersinar

        Mengenal Produk Exfoliation untuk Mencegah Over Exfoliating

        Soothing & Calming vs Hydrating

        Soothing & Calming vs Hydrating

        4 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Iritasi akibat Over Exfoliating

        4 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Iritasi akibat Over Exfoliating

        Komentar

        Nadya April 21 2020

        Brati mud mask sama Masker perlu dicuci itu masuk physical exfoliation ya, favorite yg dari lush cup o coffee. Enak banget udahannya. Lembut dan bersih.

        Exfoliating cream dari Trilogy juga enak, ya tekstur, efek, wangi ya, jempolll.