Niacinamide dalam Produk Skincare

Grafis Niacinamide - Bening Bersinar

Nicotinamide atau Nicotinic Acid Amide alias Niacinamide merupakan salah satu bentuk dari vitamin B3 (Niacin). Niacin dan Niacinamide adalah 2 hal yang berbeda. Niacinamide dapat dibuat oleh Niacin di dalam tubuh. Niacin dikonversi menjadi Niacinamide ketika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Niacinamide mudah larut dalam air dan diserap dengan baik saat diminum. Makanan yang mengandung Niacin biasanya dapat ditemukan dalam telur, susu, kacang-kacangan, sayuran hijau dan daging merah.

Sekarang, bagaimana dengan Niacinamide dalam Skincare?

Cara kerja Niacinamide dalam skincare yaitu dengan meningkatkan sintesis protein dan keratin, menstimulasi sintesis ceramide dan percepatan diferensiasi keratinosit, (bingung kan?) pokoknya dari ketiga cara kerja diatas akan menstabilkan fungsi epidermis dari skin barrier atau penghalang kulit dan meningkatkan kadar kelembapan kulit, mencegah Trans Epidermal Water Loss atau penguapan air dari lapisan terendah kulit ke lapisan terluar.

Apa maanfaat lain dari Niacinamide untuk kulit?

Menurut Jurnal penelitian dari Department of Dermatology and Venereology and Institute of Applied Dermatopharmacy, Martin Luther University Halle-Wittenberg, Halle (Saale), Germany dengan judul Niacinamide – Mechanisms of Action and Its Topical Use in Dermatology (2014), Niacinamide memiliki manfaat lain untuk kulit diantaranya:

1. Anti-inflammatory dan merawat kulit berjerawat

    Dalam pengobatan jerawat vulgaris dengan produk OTC (over the counter) atau produk yang dijual bebas yang mengandung 4% niacinamide (Papulex®), Shalita et al. 33 menemukan efek anti-inflamasi yang bisa secara klinis mengurangi inflamasi jerawat papula. Secara total, 82% dari mereka yang dirawat menunjukkan perbaikan kondisi penyakit secara keseluruhan setelah 8 minggu.

    2. Efek Mencerahkan – mengurangi Hyperpigmentation

      Niacinamide dengan konsentrasi 5% dapat membantu meringankan bintik hitam. Manfaat terlihat setelah empat minggu, tetapi tidak lebih dari dua bulan.

      3. Melindungi kulit dari Oksidatif Stress

      Niacinamide membantu membangun sel-sel di kulit sementara juga melindunginya dari tekanan lingkungan, seperti sinar matahari, polusi, dan racun.

      Nah, yang manfaat yang satu ini pasti bikin #rakyatjelita fans produk dengan klaim “Anti-aging” nomor wahid seneng deh! Ada sebuah penelitian dari The Procter and Gamble Company, Miami Valley Laboratories, Cincinnati, Ohio, dengan judul Niacinamide: A B Vitamin that Improves Aging Facial Skin Appearance yang menemukan bahwa Niacinamide mampu mengurangi kerutan juga tampilan pori-pori! Niacinamide meningkatkan produksi kolagen dalam kultur fibroblast, efek yang juga relevan atau sama dengan agen anti-wrinkle lain seperti retinoic acid.

      Perawatan dengan Niacinamide ini ditoleransi dengan sangat baik oleh kulit (tidak ada iritasi, kemerahan, terbakar, menyengat atau masalah gatal). Berbeda dengan teknologi topikal lainnya, seperti retinoic acid (tretinoin), yang memberikan perbaikan dalam penampilan kulit tetapi bekerja dengan mengorbankan skin barrier atau penghalang kulit, yang menyebabkan sensitivitas dan kemerahan pada kulit.

      Karena niacinamide tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajah, maka akan dengan mudah diformulasikan, stabil secara kimiawi, dan kompatibel dengan komponen formulasi lainnya, inilah yang membuat Niacinamide menjadi agen yang ideal untuk digunakan dalam produk kosmetik.

      Karena itulah, dia banyak menjadi bagian dalam komposisi produk-produk skincare yang baik. Diawali dengan berbagai produk skincare Asia, sekarang Niacinamide dapat dengan mudah dijumpai dalam hampir semua produk perawatan kulit dari belahan dunia manapun.

      Khasiatnya yang nyata dalam memperbaiki kulit serta sifatnya yang mudah dicerna itu menjadikannya salah satu primadona dunia kecantikan, dan pesonanya nggak akan pudar dalam waktu dekat.

       


      Beberapa produk mengandung Niacinamide yang recommended banget untuk kamu cobain:

       

      SOMETHINC 10% Niacinamide Barrier Serum

      SOMETHINC 10% Niacinamide Barrier Serum

      SKIN GAME Spot Guard Serum

      SKIN GAME Spot Guard Serum

      HALE Brightening Potion

      HALE Brightening Potion

      QUESELLA Galactomyces Treatment Essence

      QUESELLA Galactomyces Treatment Essence

      INDOGANIC Rose Essence C

      INDOGANIC Rose Essence C

      BIO BEAUTY LAB Phyto Power Essence - Pre Serum

      BIO BEAUTY LAB Phyto Power Essence - Pre Serum

      Baca lebih lanjut

      Pelembap - beningbersinar

      Cara Merawat dan Menjaga Kelembapan Kulit

      Soothing & Calming vs Hydrating

      Soothing & Calming vs Hydrating

      syarat Vitamin C yang efektif - beningbersinar

      Cara Memilih Serum Vitamin C yang Efektif

      Komentar

      Jadilah yang pertama berkomentar.