Mungkin masalahmu di MASKER

Masker Kain Batik - Bening Bersinar
Kemarin kan kita sempat ngobrol2 perkara masker medis bikin jerawatan?
Nah sialnya ternyata masker kain juga menyimpan marabahaya sejenis.
Nikmatnya punya kulit super rewweeelll!
Kemarin dua hari penuh wajah bagian bawah saya gatal-gatal. Rasanya kayak digerayangin semut tak henti-henti. Ditambah clekat-clekit seharian pula.
Lucunya cuma di area pipi, dagu, rahang ke bawah, pipi atas dan dahi nggak masalah.

Yaelah nampaknya alergi pula sama deterjen dan atau pelembut!
Biasanya kan kalau baju nggak nempel muka yak. Jadi nggak ada curigesyen sama sekali. Setelah semingguan, bahkan pakai skincare jaminan kalem pun tetappp nggak mereda gatal-gatal (dan tentunya langsung disertai cystic acne pada mbledug semua) akhirnya saya berusaha cari tau penyebab di luar skincare.
Ternyata itu 👆
Kalau pengguna jilbab banyak yang sudah saya ceramahi kemungkinan nggak kuat gesrekan sama tekstil jenis tertentu, kemudian deterjen lalu pelembut. Eeeehh dirinya sendiri jadi korban malah nggak sadar.
Buat para #rakyatjelita yang juga sedang mengalami hal yang sama, ada beberapa ide yang bisa dicoba, semoga berfaedah:
  1. Bagi yang terpaksa pakai masker medis, bisa coba lapisi bagian dalam dengan sapu tangan kain. Bisa diganti tiap 4 jam untuk menghindari lembap dan timbunan kotoran atau bakteri dari kulit.
  2. Bagi pengguna masker kain, perhatikan bahan kain yang digunakan.
  3. Polyester atau sintetik lebih mudah memicu alergi kulit. Pastikan bahan maskernya nyaman, teksturnya halus sehingga mengurangi resiko gesrekan dengan kulit yang mengakibatkan akses leluasa bakteri pencetus jerawat untuk masuk ke dalam.
  4. Ganti deterjen pencuci dan sebaiknya tidak usah menggunakan pelembut kain. Bisa coba dicuci menggunakan sabun cuci tangan, deterjen bayi, atau - ini pilihan favorit saya karena paling alami dan aman - gunakan pencuci lerak murni (yang tidak dicampur deterjen kimia maupun pewangi). Banyak lapak penjual kain tradisional kelas inggil yang juga menyediakan lerak murni tanpa campuran seperti akun @awesomelasem dan @abitkain di IG.
Dan satu lagi yang ternyata saya alergi parahhh banget : sanitizer atau anti bakteri apapun!

Jadi jangan sampai badan atau muka bersentuhan dengan permukaan yang habis disemprot kedua hal itu. Langsung bruntusan kemudian disusul jerawat batu bengkak bernanah berbulan-bulan. 

Baca lebih lanjut

Grafis Facial Oil - beningbersinar

Cara Memilih Face Oil Sesuai Jenis Kulit

Serba Serbi Skincare

Serba Serbi Skincare

Grafis Skin Rescue - beningbersinar

SKIN RESCUE: Pertolongan Pertama Perawatan Kulit Menyeluruh

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar.