Pentingnya Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Kulit

Grafis Kulit Sehat - Bening Bersinar

Mungkin udah pada eneg denger kata-kata kulit yang sehat ini diulang-ulang ya?

Tapi lebih malesin lagi denger (dan diharapkan merespon) pertanyaan: 

“Pakai apa buat hilangin flek?”

“Gimana caranya mengenyahkan bekas jerawat?”

“Bagaimana menipiskan bayangan gelap lebar di muka?”

Jawabannya sejak dulu sampai sekarang sama:

Nggak ada satu produk di muka bumi yang bisa bikin itu semua hilang.

Kecuali kalau dia bohong. 

Siapkah kamu menelan kenyataan dan memperbaiki kondisinya, atau masih akan terus berharap pada keajaiban? (baca: dikibulin orang atau brand).

Tapi bukan berarti kita jadi berhenti berikhtiar. Sesungguhnya niat memperbaiki tampilan kulit itu harus berlandaskan keinginan untuk meningkatkan kesehatannya.

Kenapa sih kulit penting banget untuk sehat? Apa bedanya? 

Yaitu bahwa, kalau kulit tidak dalam kondisi sehat, lupakan aja soal perbaikan tampilan kulit. Salah satu pertanda paling jelas tentang kesehatan seseorang adalah dari kondisi kulitnya. Tapi orang yang sehat 100% bukan berarti kulitnya otomatis bakal sehat juga.

Kesehatan badan mempengaruhi kondisi kulit, tapi kesehatan kulit itu harus diikhtiarkan juga, dengan cara yang berbeda (namun terkait) dengan kesehatan badan.

Mau menipiskan flek, bayangan hitam, noda bekas jerawat? Kulitnya harus sehat dulu.

Ciri-ciri kulit kurang sehat :

  1. Kusam, tidak terpancar rona segar bercahaya.
  2. Jika berjerawat, susah sembuh peradangannya. Saat sembuh pun, bekasnya masih tetap ada dalam jangka waktu cukup panjang (bahkan nggak bisa hilang sempurna)
  3. Disentuh terasa rapuh, tipis, tidak ada perlawanan balik bagai ngunyah cilok. 
  4. Namun di saat yang sama juga permukaan terasa kasar dan pori-pori terpampang nyata.
  5. Mudah bereaksi (buruk) terhadap berbagai kandungan dalam produk perawatan kulit.
  6. Dulu tidak berminyak, sekarang banjir nggak karuan. Tiba-tiba suka mbledug, atau bermasalah terus silih berganti.

Jadi kalau ditanya, jurus sakti penangkal berbagai masalah diatas itu apa?

Nggak ada. Nggak pake jurus sakti atau produk ajaib. Semuanya hanya membutuhkan tekad kuat dan kepercayaan mutlak bahwa #tiadakinclongtanpatelaten.

Diawali dengan double cleansing yang mana harga mati. Diakhiri dengan tabir surya adalah wajibbb.

Sisanya apa? Bisa cek urutan selengkapnya di sini #beningbersinarFAQ yang Skincare Steps.

Mulai dari pertama, First Cleanser. Nggak ngerti? Klik #beningbersinarFAQ bagian First Cleanser, dibaca sampai paham ngelotok, diamalkan lalu lanjut ke tahap kedua. Begitu seterusnya sampai tamat seluruh bab perawatan kulit.

Yang sering juga ditanyakan adalah: apakah harus banget sebanyak itu lapisannya?

Nggak sih. Tapi kamu paham nggak akan kebutuhan kulitmu?

Yakin bahwa kulitmu nggak butuh First Essence? Hydrating Toner? Cream?

Tapi haqqul yaqin butuh Exfoliating Toner, Vit. C Serum dan apalagi Retinol?!

Nggak gitu tahapannya Kisanak. Dituntaskan dulu kebutuhan dasarnya, barulah coba yang aneh-aneh. 

Nggak usah bahas Exfoliating Toner kalau belum tekun pakai sunblock setiap hari (dan tertib reaplikasi).

Nggak perlu puyeng cari Vit C bagus, Retinol nampol, kalau “tapi aku nggak suka pakai sunblock, lengket-lengket gitu soalnya nggak enak” (auto jewer pakek tang kemudian seret ke lapak bagian tabir surya biar tau kata siapa sunblock itu selalu pliket?!)

Dan, nggak usah nanya caranya jadi kinclong shining shimmering splendid kalau nggak pernah double cleansing karena “aku sehari-hari nggak pernah pakai makeup kok, cukup sunscreen aja” - Lhadalah Neeenngg!

Juga, bagi para pemula perawatan wajah, sama sekali nggak perlu beli produk mahal-mahal.

Kamu nggak akan tau bedanya, Qaq! Mulai selalu dengan produk sederhana aja dulu. Kalau udah telaten, timbul kebutuhan dan menikmati rutinitas perawatan wajah, lalu merasa sudah saatnya untuk “naik kelas”, naaaaah! 

Yuk dah, boleh cobain produk yang lebih mumpuni lagi dan mahal bahkan masuk kategori premium.

Didahulukan tujuan memiliki kulit yang sehat. Setelahnya, baru bisa disaksikan sendiri betapa flek perlahan memudar, sunspots terlihat menipis, bayangan gelap pun tersamarkan, noda bekas jerawat sedikit demi sedikit ikut larut seiring siklus pergantian kulit yang sehat. Masalah pori-pori juga ikutan jadi masa lalu, kejernihan kulitnya akan terpancar maksimal.

Paling menyenangkan? Produksi minyak alami kulit akan jadi jauh lebih terkontrol, dan problema jerawat jarang kumat lagi!

Hayuk silakan dipraktekkan kalau nggak percaya, hehehe!

Baca lebih lanjut

AHA (Alpha Hydroxy Acid) - beningbersinar

Bahas Tuntas AHA (Alpha Hydroxy Acid)

Alkohol dalam Skincare - beningbersinar

Alkohol dalam Produk Skincare

Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm (Honey) - beningbersinar

REVIEW / Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm (Honey)

Komentar

Izzatur Rahmah November 7 2020

Baca ini tuh berasa diomelin emak-emak. hahaha
Tapi berkat diomelin gini, aku bener-bener praktekin satu-satu. Hasilnya ga nanggung-nanggung. Awalnya cuma fokus untuk ngobatin jerawat, eh tapi berkat sederetan panjang skincare rutin pagi malam, dapet bonus kulit lebih cerah, pori-pori bersih, glowing, ga ada rasa kulit ketarik, mengelupas apalagi berminyak. Sekarang pake skincare baru pun jarang banget bereaksi buruk. Makasih ya mbak ira untuk kuliah nya yang ga bisa diitung udah berapa sks.

Putri August 28 2020

setuju bgt dl basic aja ga tertib dijalanin. hampir setahun baru bener2 ngenalin kulit sendiri👍

Dita August 27 2020

Aku udh praktekin semua urutan di #beningbersinarFAQ dan sekarang hasilnya terpampang nyata di muka, sungguh berfaedah ilmunya. Makasih mba iraaa 😁

Dita August 27 2020

Bener bangeeeeeetttt .. ter luuuvvvv emg mba iraaaa ❤️❤️❤️