Padahal #dirumahaja tapi Kenapa Kulit Beruntusan dan Jerawat Datang Silih Berganti?

Mengatasi Wajah Bruntusan dan Jerawat - beningbersinar

Dalam suasana tidak menentu, terdampar di rumah, cucian segunung, setrikaan tiada akhir, anak-anak rewel, suami bawel. Rasanya pengen tarik napas panjaaaaangg kemudian mending me-time fokus ke merawat kulit aja deh.

Eh tapi kok, sejak di rumah terus malah kulit ikut bermasalah?
Tiba-tiba ada bruntus sana-sini. Jerawat muncul 1 kecil bukannya reda malah membengkak. Kemudian tetangganya datang susul menyusul. Hadeeehh!

Kenapa jadi begitu sih?
Stresss adalah biang keroknya. Tanpa disadari, kita semua alam bawah sadarnya dalam kondisi tegang berkepanjangan. Itu juga sebabnya sumbu kita jadi pendek, gampang marah, nggak sabaran, dan secara fisik lebih sering & mudah lelah.

Cepat atau lambat, kulit kita juga akan menunjukkan akibatnya tapi kita kan juga nggak mungkin bilang : "jangan stress!" - lalu cilukbaaa! Segala-galanya jadi normal dan stress puyeng hilang lenyap seketika bak sulap.

Nah, selain membatasi paparan dari sumber stress (berita, hoax, WhatsApp Group yang penuh kabar simpang siur tak bisa dipertanggung-jawabkan dan apalagi gossip lingkungan), sebaiknya kita juga memberi perhatian ekstra untuk mempertahankan kesehatan kulit.

Jangan justru sibuk hajar jerawat pakai produk mengeringkan, acids dosis tinggi tanpa dibayar lunas dengan produk hydrating, apalagi scrubbing berlebihan.
Ini saatnya tekun melapisi wajah dengan berbagai produk hydrating, berpetualang mencoba facial oil bahkan di pagi hari (mumpung nggak akan keluar rumah kan?) - kalau rutin sehari-hari pakai facial oil, siap-siap aja kaget melihat betapa cepat kulit akan membaik. Teksturnya, kondisinya, dan secara kasat mata jelas terlihat bedanya lho!

Apalagi kalau setelah oles oil kemudian disempatkan templok sheetmask.
Ngajarin sekolah anak-anak ambil pakai sheetmask kan lumayan, nambah-nambah bikin mereka serem jadi lebih nurut daripada muka polosan.

Beberapa produk yang bisa dicoba untuk meningkatkan unsur air di wajah dan bantu menyeimbangkan produksi minyak alami kulit:

First Cleanser:

Second Cleanser:
First Essence:
Exfoliating Toner:
Hydrating Toner:
Hydrating Serum:

Sheetmask:


Nah yuk daripada tegang cemas tanpa bisa ngapa-ngapain, mari kita alihkan perhatian ke merawat kulit aja deh. Dan jangan mentang-mentang di rumah terus, kemudian bablasss - kerjanya makan, ngemil, gegoleran melulu.

Jangan lupa disempatkan untuk olahraga (fokus ke badan nih maksudnya Buibuk. bukan olahrahang)  hirup udara pagi yang masih bersih segar. Dan awasi (baca: batasi) asupan gula, garam, dan micin berbalut jajanan.
Ada banyak orang yang sebenarnya sensitif sama makanan. Ada yang jerawatnya akan terpicu oleh gula (ini paling sering terjadi), micin, garam, dan bisa juga susu sapi beserta turunannya (dairy products) serta santan.
Bisa jadi salah satunya adalah sumber pencetus jerawatmu. 

Mumpung lagi santai, coba lebih memperhatikan asupan makanan dan reaksinya pada tubuh kita masing-masing. Kalau bisa ketauan kan enak, karena kalau saya sih mending menghindari sumber masalah daripada repot mengobati apalagi meratapi berbagai motif noda yang menghiasi wajah. Tul nggak?

 

Udah tau, siapa yang jadi pemicu jerawatmu?

Baca lebih lanjut

Serba Serbi Skincare

Serba Serbi Skincare

Grafis cleansing balm - beningbersinar

Cleansing Balm

Ilustrasi Propolis Serum - beningbersinar

Propolis Serum

Komentar

Izzatur Rahmah November 11 2020

Lengkap banget rekomendasinyaaaa. makasih mbak ira,
Tiap kali kulit rewel aku emang ga pernah pakai acid-acid. stop acid dulu dan balik ke skincare untuk calming soothing dan melembabkan, Pkoknya yang kalem-kalem. Dan kalau diperhatiin, ternyata ga cuma begadang aja yang bkin jerawatan. Makan coklat rada banyak aja bisa bikin jerawatan