Menjaga Kelembapan Kulit dengan Hyaluronic Acid

grafis Hyaluronic Acid - beningbersinar

Sering lihat dalam kandungan skincare kan? Tau nggak sih Hyaluronic Acid itu apa?

Hyaluronic Acid atau HA merupakan sebuah molekul atau humectant yang berfungsi sebagai “pengikat” air yang bisa membuat kulit terjaga kelembapannya dan tetap terhidrasi. Namun, sebenarnya Hyaluronic Acid juga diproduksi alami oleh tubuh kita loh.

Hyaluronic dalam tubuh dapat kita temukan di kulit, selain itu HA dengan konsentrasi tertinggi ditemukan pada mata dan sendi, HA dalam sendi bekerja sebagai bantalan dan pelumas dengan jaringan-jaringannya, sedangkan pada mata Hyaluronic di temukan pada lapisan bening mata.

HA dalam tubuh sama seperti kolagen, akan berkurang seiring bertambahnya usia, menurut Dr Howard D. Sobel (dermatologist in New York City) Diet dapat mempengaruhi bertambahnya HA dalam tubuh, dengan banyak memakan buah dan sayuran yang banyak mengandung antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari peradangan dan menjaga kelembapannya.

Lalu bagaimana cara kerja Hyaluronic Acid pada skincare?

Dalam kandungan skincare, sering kita jumpai macam-macam Acid dan banyak juga yang mengartikan bahwa apapun yang mengandung “Acid” merupakan bahan yang sifatnya iritatif seperti Glycolic Acid, Lactid Acid dan Salicylic Acid karena ketiga Acid ini bekerja dengan cara “mengikis” kulit mati, namun berbeda dengan Acid pada Hyaluronic, Hyaluronic Acid tidak bersifat iritatif.

HA dalam skincare seperti yang sudah dijelaskan diatas merupakan humectant yang berfungsi untuk mengikat air dari luar, membawa kelembapan dan menjaganya didalam kulit, mencegah air di dalam kulit menguap ke permukaan sehingga kulit terhindar dari kekeringan.

Karena HA ini mempunya kemampuan “menampung” air yang sangat luar biasa, menurut jurnal penelitian dari US National Library of Medicine National Institutes of Health dalam 1gram atau (0.03 oz) Hyaluronic Acid dapat menampung 6 Liter air, maka HA juga mampu mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus karena HA mengisi dan menahan kelembapan kulit sehingga kulit menjadi lebih “plump”. Kabar baiknya lagi karena Hyaluronic Acid ini tidak bersifat iritatif jadi HA tidak akan menyebabkan iritasi sama sekali dan aman digunakan pada semua jenis kulit.

Kunci keefektifan menggunakan skincare berbahan Hyaluronic Acid ini adalah di cara melapis produk. Karena HA dimaksudkan bekerja tengan mengikatkan diri ke unsur air & minyak, maka mustahil hanya oles HA tanpa diberi asupan air, kelembapan dan minyak kemudian berharap akan jadi lembap lembut kenyal-kenyul seperti klepon sebelum diterjunkan ke parutan kelapa.

Jadi selalu ingat untuk mendampingi produk-produk skincare kayak Hyaluronic Acid dengan produk kaya air dan kelembapan juga ya!

Apa produk Hyaluronic Acid favoritmu?

Baca lebih lanjut

Grafis Probiotik - beningbersinar

Probiotik dalam Produk Skincare

Alkohol dalam Skincare - beningbersinar

Alkohol dalam Produk Skincare

Perbandingan Vitamin C - beningbersinar

Perbandingan Vitamin C

Komentar

Izzatur Rahmah November 7 2020

Unbound lab, iunik galactomyces essential toner untuk sementara yang jadi favorit!!

Heffy May 12 2020

Skeyndor power hyaluronic jeng