Tips Memilih Eye Cream yang Cocok sesuai Kebutuhanmu

Tips Memilih Eye Cream - BeningBersinar

Permasalahan yang paling banyak muncul di area mata ini biasanya lingkaran hitam, kantung mata, garis-garis halus, dan kerutan. Pasti tau dong solusi apa yang banyak ditawarkan untuk perawatan mata dari masalah-masalah di atas? Yup, Eye Cream!

Ada yang sedang mikir-mikir untuk mulai pakai eye cream? Perlu banget nggak sih sebenernya pakai eye cream?

 

Perbedaan Cream biasa dengan Eye Cream

Menurut Dr. Fayne L. Frey, MD (Dermatologist in West Nyack, New York) mayoritas krim mata di pasaran diformulasikan dengan bahan yang sama seperti kebanyakan pelembap atau cream untuk wajah. Tidak ada bahan khusus dalam krim mata yang khusus digunakan hanya untuk kulit di sekitar mata. 

Seperti kebanyakan pelembap wajah di pasaran, Eye cream pada umumnya berbasis Air - bahan yang berada di urutan paling pertama kebanyakan adalah air- lalu mengandung Humectan yaitu Glycerin yang berfungsi untuk menarik air ke permukaan kulit untuk mempertahankan kelembapan dan Emollient yang berfungsi untuk menghaluskan kulit.

 

Lalu, apa yang membedakannya?

Menurut penjelasan dari Patricia Farris, MD (a clinical associate professor at Tulane University School of Medicine) yang membedakan eye cream dengan cream adalah tekstur eye cream cenderung lebih tebal. Eye cream mengandung lebih banyak minyak daripada cream wajah biasa, dan mereka memiliki banyak bahan aktif yang ditujukan untuk masalah yang kita lihat di sekitar mata.

Kemampuan eye cream untuk meningkatkan penampilan kulit di sekitar mata, lebih tergantung pada kemampuan produk untuk meningkatkan kadar air di dalam kulit, yang pada dasarnya efektif sebagai pelembap. Bahkan, uji coba jangka pendek yang dilaporkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology pada tahun 2017, menunjukkan penurunan kehilangan air setelah 14 hari penggunaan eye cream. Lalu kelembapan mulai meningkat di hari-hari berikutnya, semakin lembap kulit di area mata, maka setelah 56 hari penggunaan eye cream penampakan garis-garis halus dan kerutan juga makin tersamarkan.

 

Kandungan apa saja yang bagus untuk perawatan mata?

Masih ingat kan di artikel Dampak Sinar Matahari penyebab garis-garis halus dan kerutan itu karena kerusakan kolagen akibat terlalu sering terkena sinar matahari yang mana kolagen juga berkurang seiring bertambahnya usia?Namun, tahu nggak sih kalian kalau kulit kelopak mata tertipis lebih rentan terhadap kerusakan sinar ultraviolet matahari? Tetapi ironisnya, kebanyakan krim mata tidak mengandung tabir surya. Jadi, tau kan kandungan apa yang paling penting untuk melindungi kulit area mata? Betul, SPF!

Nggak bosen-bosen saya mengingatkan sodara-sodara sekalian untuk pakai sunblock dioles sampai ke kelopak dan bawah mata, juga sudut-sudut mata jangan kasih lolos - semua dioles merata. 

Lalu, fungsi kolagen adalah untuk membantu menjaga elastisitas kulit. Vitamin C, Peptida, dan Retinol adalah kandungan yang mampu meningkatkan produksi kolagen. Ceramide dan Hyaluronic Acid juga membantu melembapkan kulit, mencegah kehilangan air di kulit, dan meningkatkan elastisitas.

 

Lingkaran Hitam dan Kantung Mata

Permasalahan lain yang banyak dijumpai di area mata seperti lingkaran hitam dan kantung mata apa bisa hilang hanya dengan menggunakan Eye Cream?

Lingkaran hitam pada mata atau Periorbital Hyperpigmentation (POH) disebabkan oleh banyak hal mulai dari kelelahan, kurang tidur bahkan terlalu lama tidur, alergi, dehidrasi, terlalu lama berada dibawah sinar matahari, juga faktor genetik.

Sedangkan kantung mata terjadi karena selain faktor usia juga terjadinya penumpukan cairan disekitar mata, penumpukan ini bisa terjadi lagi-lagi jika kita kurang tidur, alergi, stres, dan pola hidup tidak sehat lainnya.

Untuk masalah lingkaran hitam, jika itu genetik sudah barang pasti akan sulit untuk dihilangkan, bahkan untuk membuatnya memudar pun sulit sodara-sodara, kecuali jika muncul karena kurang tidur, stres, ya harus diubah dulu dong pola tidurnya dan pola hidupnya. Percuma kan kalau rajin-rajin perawatan mata tapi tiap hari tidurnya masih jam 3 subuh.

Fungsi eye cream mungkin bisa membantu memudarkan (jika memang awalnya tidak memiliki masalah lingkaran hitam pada mata), tetapi sangat membantu untuk melembapkan dan menjaga kulit disekitar mata tidak kering sehingga tidak mudah muncul garis-garis halus dan keriput.

Untuk kantung mata ini sangat sulit bahkan hampir tidak mungkin hilang hanya dengan menggunakan eye cream, jadi memang harus dibantu dengan tindakan medis.

 

Kesimpulan

Perbedaan cream biasa dengan eye cream terletak pada konsistensinya. Cream wajah biasa dibuat lebih ringan sedangkan eye cream mengandung lebih banyak minyak dan lebih tebal. Penggunaan eye cream sangat penting, gunakanlah sunscreen di area bawah mata hingga kelopak mata, karena kandungan SPF dalam sunscreen mampu menjaga kulit di sekitar mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet, sedangkan eye cream yang dipakai di malam hari berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit di sekitar mata.

Lingkaran hitam pada area bawah kulit mata bisa memudar apabila bukan karena faktor genetik dan muncul akibat kurang tidur atau stres, asal kita mengubah pola tidur dan pola hidup kita, lalu dibarengi dengan perawatan menggunakan eye cream. Sedangkan untuk kantung mata, sangat mustahil bisa hilang dengan hanya menggunakan eye cream dan harus dibantu dengan tindakan medis.

 

Tips dan Trik Menggunakan Eye Cream

  1. Untuk perlindungan kulit area mata di pagi hari cukup gunakan sunblock dioles merata dari kelopak hingga bawah mata. Sedangkan untuk malam hari, pakailah eye cream dengan kandungan-kandungan yang mampu memproduksi kolagen, mencerahkan, dan tentunya melembapkan! Atau pilih sesuai kebutuhan mata kalian.

  2. Gunakan takaran yang tepat. Penggunaan eye cream hanya butuh sebesar biji kacang hijau untuk seluruh area mata.

  3. Saat meratakan eye cream gunakanlah jari manis. Kenapa? Karena jari manis, dibanding jari lainnya, memiliki tekanan yang ringan, sehingga tepat untuk memulas produk perawatan kulit di area mata yang sensitif. Dan jangan menggunakan tekanan terlalu kuat, cukup ditepuk perlahan menggunakan jari manis sampai produk benar-benar meresap.

 

Yuk, sekarang waktunya kita pilih-pilih produk Eye Cream yang sesuai dengan kebutuhan kulit mata kita.

Baca lebih lanjut

4 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Iritasi akibat Over Exfoliating

4 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Iritasi akibat Over Exfoliating

Pilih Exfoliating Toner atau Exfoliating Treatment?

Pilih Exfoliating Toner atau Exfoliating Treatment?

Grafis Retinol - beningbersinar

Berbagai Jenis Retinoid dan Manfaatnya untuk Kulit

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar.