Skincare Steps

Urutan Skincare - beningbersinar

Panduan penggunaan skincare terpadu.

 

Urutan di bawah ini adalah urutan baku sesuai jenis (slot) produknya masing-masing.

Jika menggunakan lebih dari 1 produk di slot tersebut, patokan sederhananya adalah: yang lebih encer selalu dioles duluan ya!

Urutannya seperti di bawah ini :

  1. First Cleanser
  2. Second Cleanser 
  3. Exfoliating Toner atau Pads atau Treatment 
  4. First Essence/Booster/Pre-serum
  5. Hydrating Toner 
  6. Essence/Serum/Ampoule 
  7. (Facial Oil)*
  8. (Sheetmask)
  9. Emulsion/Lotion/Milk Toner
  10. Day/Night Cream 
  11. Sleeping Mask/Sun Protection 

 

First Cleanser 
harus berbahan dasar minyak (oil-based cleanser) untuk mengangkat seluruh kotoran, makeup, kulit mati, sunblock dan segala calon penyumbat pori-pori dengan sempurna.

 

Second Cleanser
lebih disarankan yang lembut ke kulit, tidak/hanya sedikit berbusa (low-foaming cleanser), lebih baik lagi jika juga memiliki pH di kisaran normal (pH 5-6.5) atau rendah (pH di bawah 5) untuk memelihara lapisan pelindung kulit alami serta mempersiapkan kulit untuk menyerap skincare lanjutannya.

 

Exfoliating Toner/Pads/Treatment
sebaiknya hanya digunakan sekali sehari.

Kalau mau menggunakan Vit C Serum rendah pH, sebaiknya digunakan di step ini. Untuk menghindari bahaya over- exfoliation apalagi jadi dehidrasi, sebaiknya jangan dicampur dengan exfoliating apapun lainnya lagi.

 

First Essence/Booster/Pre-serum
adalah sumber kadar air yang paling pertama menyentuh kulit.

Fungsinya penting sekali, jadi pastikan produk yang digunakan berkualitas unggul dan tepat guna, sesuai dengan kebutuhan kulitnya (meskipun sesuai kulit BIASANYA tidak sesuai isi dompet).

 

Hydrating Toner
bentuknya bisa berbagai macam, bisa juga mist, bisa cair bisa kental, bisa agak padat namun langsung mencair saat dioles ke kulit, bisa juga berbentuk bi-phase (ada campuran minyak di dalamnya) sehingga lebih dahsyat melembapkan serta mempertahankan kekenyalan kulit.

 

Essence/Serum/Ampoule
ini nggak usah jadi puyeng ya. Namanya sering-sering tidak menjelaskan urutannya. Oleh sebab itu, mendingan kita berpegang pada azas: yang lebih encer selalu dioles duluan!

 

Facial Oil*
Saya pribadi paling suka mencampurkan facial oil pada serum yang digunakan terakhir (kalau pakai Serum lebih dari 1 lapis).

Susunan formula Serum biasanya amat cepat diserap kulit, sehingga oil yang dicampur bersamanya juga lebih mudah diserap. Selain lebih nyaman rasanya, juga jadi lebih efektif.

 

Ini juga saat yang tepat untuk nemplokin sheetmask! 
Sepanjang pengalaman & percobaan saya, paling efektif untuk menggunakan sheetmask setelah proses pengolesan Serum & facial oil ini.
Selesai sheetmask, baru berlanjut ke tahapan "menyegel" seluruh kelembapan, kadar air dan zat-zat aktif yang sudah digunakan sebelumnya.

 

Emulsion/Lotion/Milk Toner 
Pelembap ringan yang bentuknya lebih cair dari cream, lebih mudah diserap kulit, dan sangat disarankan bagi pemilik kulit combi-oily atau oily SEBELUM (bukan sebagai pengganti) dilanjutkan pakai Cream. 

Ini masuk ke dalam proses menyegel kulit tahap pertama ya.

 

Cream 
Skincare Asia jarang-jarang pusing masalah krim pagi dan krim malam. Pokoknya cukup berjudul Cream, dipakai pagi DAN malam, titik. Lebih enak dan hemat toh? Nggak pusing-pusing harus punya 2 jenis sekaligus (kemudian alashaaannn nggak mau pakai cream karena bingung mana yang buat pagi mana yang malam. Hayo ngaku!).

Ini masuk ke proses menyegel kulit tahap kedua ya.

Kalau skincare bule memang biasanya membedakan antara kedua jenis tersebut.

Karenaaa, mereka tidak pernah melakukan step berikut ini:

 

Sleeping Mask 
Kuncian tahap paling akhir dalam "menyegel" kulit.

Produk paling "occlusive" - #jangankasihlewatsis - dimana dia yang akan menahan segala lapisan skincare yang sudah dipakai sebelumnya di bawah permukaan kulit.

Tidak rawan menguap keluar saat kita istirahat malam, sehingga bisa bekerja lebih baik dalam memperbaiki & memperbaharui sel-sel kulit. Meningkatkan kekenyalan dan memberi nutrisi secara intensif

 

Sun Protection 
Sudah tidak perlu penjelasan lebih lanjut.

Pokoknya kalau nggak mau pakai sunblock, nggak usah bahas apa-apa lagi deh. 

Ini hukumnya mutlak ya, dan bukan hanya WAJIBBBB tapi juga sifatnya kayak orang ngutang : oke boleh aja nggak pakai perlindungan sekarang, selama siap dibayar kontan di masa yang akan datang. 

Tungguin deh umurnya lewat dari 25th, APALAGI hamil KEMUDIAN menyusui. Silakan menikmati semua sun spots hiperpigmentasi sproeten flek-flek noda berbagai dosa dalam beragam motif dan tingkatan warna menghiasi wajah yang tadinya mulus cerah tak bernoda.

Mending nakut-nakutin daripada kena curhat yang sudah nggak bisa diperbaiki, kan?

Makanya JANGAN PERNAH MANGKIR PAKE SUNBLOCK AMINAAAAHHH!

Karena penyesalan selalu datang belakangan.

Dan ohya, sebagai penghuni negara tropis dimana matahari saat terbit sering bawa temen beberapa biji, maka nggak terlalu berguna kalau sunblock nya cuma SPF 30. 

Pakai SPF 50 dengan PA minimal +++ lah. 

Dan itupun tetap harus reaplikasi maksimal tiap 4 jam.

Nah sekarang sudah khatam segala urutannya, mari langsung dipraktekkan!

 

Jeng Bening 

Baca lebih lanjut

beningberniarFAQ - skincare - urutan skincare - beningbersinar

Apa itu BeningBersinarFAQ

Stempel kurasi produk versi Bening Bersinar

STEMPEL BENING BERSINAR!

Infografis skincare 10 steps - Bening Bersinar

Moisturizing Steps

Komentar

Nanik 7 hari yang lalu

Tengkiu banget unt infonya mb…paling seneng deh.liat review bening bersinar…paling gampang dimengerti dan super jelaass… tpi ada yg bingung ni setelah baca info di atas..unt CENTELA asiatic toner masuknya di slot toner apa di exfo ya mb…soalnya dy kan ke 2 nya bisa…tks unt infonya..sukses selalu..

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan.