Moisturizing Steps

Infografis skincare 10 steps - Bening Bersinar

Seni Melapis Skincare: Moisturizing Steps

 

Sama kayak pelajaran IPS jaman sekolah dulu, pendekatan kita terhadap konsep-konsep skincare seperti 10-step Korean skincare atau 7-skin method itu adalah dipahami, bukan dihafal. Agak sia-sia kalau bisa hafal tapi nggak bisa menjelaskan apa fungsi dua macam toner atau kapan kita harus nge-layer beberapa toner atau serum dulu sebelum pake pelembap.

*kalo udah berani taat pake skincare berlapis-lapis, harusnya bisa ngejelasin di luar kepala, kan?"

Alasan tumpuk-tumpuk skincare ala Asia (minimal skincare Korea dan Jepang) ini awalnya bisa naik daun juga patut dipahami.

Metode ini emang terkenal akan “keribetannya”, tapi juga keefektifannya. Beda dengan pendekatan tradisional ala skincare Barat yang bisa beres dalam tiga step (biasanya produk jagoannya adalah pelembap tekstur krim yang padat), orang Asia lebih memilih untuk menumpuk beberapa produk bertekstur ringan dan membangun kelembapannya pelan-pelan.

Secara alamiah, kulit orang Asia memang lebih gampang menyerap skincare yang encer dibanding krim yang padat dan lengket. Apalagi iklim di Asia yang cenderung lebih hangat, mau gak mau bikin kulit orang Asia lebih rentan berminyak dan berkeringat. Males kan, kalau harus pake skincare yang kerasa lengket atau berminyak di kulit?

Konsep menumpuk skincare itu sendiri bisa diturunin jadi macem-macem steps lagi, seperti cleansing steps, exfoliating steps, moisturizing steps, dan masih banyak lagi cabangnya. Tapi kali ini, yang akan dibahas adalah moisturizing steps karena ternyata masih banyak yang ragu buat nyoba numpuk skincare buat ngelembapin kulit. Padahal, kalo cocok sama routine-nya dan telaten dilakuin, hasilnya bisa tokcer banget.

Nah, coba kita urutin moisturizing steps sesuai pemakaian, ya. Tenang, lagi-lagi bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, apalagi buat anak muda, atau yang kulitnya berminyak, skip 2 - 3 steps juga masih bisa dimaapkeun (hmmm ini bo'ong sih).

 

Nah kalau mau tahapan yang lengkap-kap-kaaap, bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Hydrating Exfoliating Toner: Terkesan kontradiktif, tapi nyata adanya. Biasanya toner jenis ini bikin kulit mengelupas lembut tapi ikut melembapkan di saat yang bersamaan. Contoh paling gampangnya adalah produk favorit sejuta umat: Benton Aloe BHA Toner SKIN1004 Madagascar Centella Toning Toner

  2. Pre-serum / Booster / First EssenceStep wajib bagi yang berumur 30 tahun ke atas, apalagi dehidrasi, karena fungsinya mengembalikan kadar air di kulit setelah cuci muka dan bikin jadi lembap lagi. Efektif juga buat nge-boost performa skincare yang dipakai setelahnya (makanya namanya booster).
    Contoh produknya : Astalift Jelly Aquarysta, Missha FTE, A:true Real Black Tea True Active Essence 

  3. Hydrating Toner: langkah selanjutnya adalah hydrating toner. Buat adik-adik usia menggemaskan dibawah 25th, masih diijinkan skip step pre-serum / booster / first essence dan langsung masuk ke step ini setelah exfoliating toner. Asal wanti-wanti hydrating toner yang digunakan juga yang berkualitas baik ya.
    Contoh : Benton Cacao Moist and Mild ToneriUNIK Rose Galactomyces Essential TonerNARUKO Rose & Botanic HA Aqua Cubic Hydrating Lotion

  4. Serum/Essence/Ampoule: Slot ini adalah produk yang berisi bahan aktif PALING BANYAK dibanding jenis produk lain (Cream, Toner). Untuk khusus tambahan kadar air kulit, kata kuncinya : hyaluronic acid! Dan banyak pilihan bahan baku hydrating serum lainnya seperti Somethinc HYAluronic B5, FSS Hydrate - Hyaluronic Acid Serum Concentrate

  5. Emulsion: Alias pelembap cair. Sering juga disebut lotion atau milk, dan teksturnya cair kayak susu. Jangan ketipu teksturnya, efek ngelembapinnya oke banget.

  6. Masker (sheet mask) dan face oil (opsional). Kenapa opsional?
    Karena sheetmask tidak setiap saat dibutuhkan, rempong juga kalau tiap malam harus sheetmask-an. Sementara banyak orang juga yang mengeluh tidak bisa pakai face oil. Tips pilih face oil buat kulit berminyak, silakan pilih oil yang kandungan linoleic acid-nya lebih tinggi daripada oleic acid. Dan kenali jenis oil yang disukai oleh kulitmu! Karena kadang hanya satu bahan aja yang kurang cocok, rusak minyak sebotol huhuhu.
    Kamu bisa lihat koleksi Sheetmask kita di sini 

  7. Day or night moisturizer: Tentu pelembap adalah produk wajib-jib-jib-jib buat jenis kulit apapun. Siang hari, silakan pake yang teksturnya kayak gel dan lebih ringan seperti HAUM ALOECID Niacinamide 10% dan HAUM FACE ON Moisturizer. Malemnya, baru deh, pake yang lebih rich sebagai step terakhir buat menyegel semua skincare yang dipakai sebelumnya.

Gimana? Mudah bukan susunannya? Hasil yang diharapkan di sini tentunya nggak langsung kulit mochi-kenyal-berkilau ala K-Pop star, tapi lembap versi kita sendiri aja. Kulit balanced, kenyal, plus bonus makeup nempel seharian. Silakan coba pelan-pelan, pantau reaksi kulit setiap baru dikenalin ke satu produk, dan tentu sabar dalam menunggu hasil.

 

Selamat bereksperimen!

Baca lebih lanjut

Urutan Skincare - beningbersinar

Skincare Steps

Skincare Ibu Hamil dan Menyusui

Skincare Ibu Hamil dan Menyusui

Exfoliating Toner/Pads/Treatment - beningbersinar

Exfoliating Toner/Pads/Treatment

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar.
Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan.