First Cleanser

First Cleanser- beningbersinar

Buat yang belum terlalu ikrib dengan istilah First Cleanser (ya ampun ini kunci utama kesehatan kulit lho!), berikut adalah keterangan singkatnya.

First Cleanser - biasa juga dinamakan sebagai bulldozer cleanser - fungsinya adalah benar-benar sebagai bulldozer : keruk habis segala makeup, sunblock, kulit mati yang luruh sehari itu, minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit, kotoran dan debu polusi, serta segala hal-hal yang menjadi bahaya laten penyumbat pori-pori.

Produknya sendiri bisa berbagai macam wujud dan bentuk, tapi ada 1 hal mutlak : HARUS berbahan dasar minyak (oil-based).

Bentuknya bisa salah satu di bawah ini :

  • Milk
  • Sherbet (fluffy gel/cream hybrid)
  • Cream
  • Balm
  • Oil
  • Gel
  • Gel to Oil
  • Gel to Milk
  • Gel to Foam (jarang-jarang nih. Biasanya ini berarti 2in1 Cleanser, nggak perlu lanjut second cleanser, meski nggak selalu demikian kasusnya)

CLEANSING WATER atau MICELLAR WATER CLEANSER 

TIDAK TERMASUK KATEGORI FIRST CLEANSER (meskipun yang berbentuk bi-phase, campuran antara minyak dan cairan).

Ini kategori yang sama sekali berbeda, untuk penjelasan lebih lanjut bisa klik "MICELLAR WATER""

First Cleanser ini nggak usah mahal-mahal tapi jelas harus efektif kerjanya.

Harus sanggup mengangkat seluruh makeup dengan tuntas (untuk makeup tebal dan atau waterproof, harap menggunakan pembersih yang berbeda dulu sebelumnya. First Cleanser yang baik seharusnya bisa angkat semua, tapi untuk menghindari usrek-usrek kulit dengan terlalu bernapsu di area sensitif (area orbital mata itu kulitnya tipiiiisss banget deh. Bibir juga butuh perlakuan khusus) sebaiknya dilakukan pembersihan awal dulu dengan waterproof makeup remover kesayangan.

Apakah perbedaan berbagai jenis First Cleanser diatas?

Ya hanya tekstur serta kepadatannya aja sih hahaha! Dan,tiap orang punya jenis kesukaan masing-masing.

Ada yang nggak bisa kena Cleansing Oil meski sudah mencoba puluhan jenis. Atau selalu matanya jadi rabun remang-remang beberapa saat setelah basuh dari wajah (emang ngeselin banget sih Cleansing Oil model begini).

Atau malas hapus cleansing milk (makanya saya mah cuma mau sedia cleansing milk yang bisa langsung dibasuh air, nggak repot-repot dihapus pakai lap apalagi harus pakai air hangat segala. Kalau ada yang praktis ngapain cari yang ribet kan, Kisanak?).

Ada yang lebih suka bentukan yang padat (sherbet, gel, cream) karena lebih nggak rawan meleleh kemudian kelilipan masuk ke mata. 

Apapun itu pilihan pribadimu, pastikan produk tersebut sanggup melarutkan seluruh calon penyumbat pori-pori dengan baik dan tuntas. 

First Cleanser ini WAJIBBBB digunakan jika kamu menggunakan minimal salah satu (apalagi kalau salah dua, tiga, empat) dari produk-produk di bawah ini :

  • Compact powder
  • SUNBLOCK 
  • BB Cream atau Cushion 
  • CC Cream atau Cushion 
  • Makeup Primer
  • Tinted Moisturizer 
  • Foundation (compact, powder, liquid, cream, dll)
  • Concealer 
  • Cream Blush
  • Highlighter

Dan lain-lain sesuai logika.

Menurut saya, untuk First Cleanser ini harusnya di kisaran harga 100-200rb kualitasnya sudah cukup memadai. Diatas itu, sebaiknya juga memenuhi unsur-unsur ke-ekstra-an, seperti :

  1. #skincaretainment
  2. #aromatherapy
  3. Memang bahan bakunya premium 
  4. KeMEVVAHan rasanya pas dioles 
  5. Super hydrating 
  6. Dan banyak faktor lain yang beda-beda tergantung kesukaan pribadi, isi dompet dan unsur penasaran masing-masing orang 😄

Harap dicamkan bahwa Double Cleansing itu hukumnya WAJIBBBB, jadi punya First Cleanser yang handal itu merupakan sebuah keniscayaan - bukan pilihan!

Harus digunakan tiap membersihkan wajah sore hari.

Cobaaaa, jenis apa First Cleanser kesayanganmu? Atau omnivora seperti saya - segala jenis asal enak dan handal disikat?

Klik di sini untuk melihat macam-macam produk Pembersih Wajah.

 

Jeng Bening

Baca lebih lanjut

Skincare Ibu Hamil dan Menyusui

Skincare Ibu Hamil dan Menyusui

Second Cleanser - beningbersinar

Second Cleanser

Komentar

Ririn Widianita November 20 2020

Iyes Jeng Bening, betul banget kalau first cleanser itu koentji penting. Dulu karena saya tidak iqra’ sering skip first cleañser. Jerawat mampir trs tak berkesudahan. Setelah iqra’ dan meresapi akhirnya pakai first cleanser. Yg jadi paporit di Bening Bersinar itu ada 2. Astalift Cleansing Gel dan Banila Co Clean It Zero. Kalau disuruh pilih salah satu ku tak sanggup. Secintah itu sama keduanya. Melibas semua kotoran yg kasat mata dan tak kasat mata. Bersih banget tapi masih lembab tak ketarik – tarik. Sensasinya begitu dioles langsung lumer mantab. Semenjak rajin first cleanser tanpa disadari jerawat juga bhayy. Skincare lanjutan juga gampang diserap, srep masuk deh.

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan.