Exfoliating Toner/Pads/Treatment

Exfoliating Toner/Pads/Treatment - beningbersinar

Masuk dalam kategori ini adalah berbagai jenis acids yang sering terkandung dalam konsentrat rendah berjudul toner.

Makanya judulnya: Exfoliating Toner.

 

Apa itu Exfoliating Toner?

Secara fungsi, produk ini terutama berjasa dalam meyeimbangkan pH kulit kembali setelah cleansing. Ini dampaknya sangat signifikan terutama di kulit yang acne-prone. Dengan sifat cleanser yang basa dan juga menghapus lapisan pelindung alami kulit, beberapa saat setelah cuci muka kulit kita akan naik pH nya. Meskipun kulit (yang sehat) akan mampu mengembalikan keseimbangan tersebut dalam beberapa waktu, namun itu sudah lumayan membuat ledakan populasi bakteri pencetus jerawat meledak.

Juga, kulit yang kurang sehat biasanya metabolismenya melambat. Sehingga terjadi penumpukan sel kulit mati, kotoran dan hal-hal yang menjadi sasaran empuk bakteri pencetus jerawat.

Inilah sebabnya Exfoliating Toner menjadi step yang banyak menjadi kuncian kesehatan kulit.

 

Jenis-jenis Exfoliating Toner

Sekarang jaman penuh penemuan baru, si Exfoliating Toner ini sekarang banyak yang sekalian dikemas berbentuk kapas (pads) contohnya NEOGEN Dermalogy Bio Peel Gauze Peeling ini yang lebih nyaman digunakan. Tapi jangan jadi nambah napsu untuk ngusrek-ngusrek kulit sekuat tenaga ya. Inget itu kulit, bukan jamban :))) segala dosa akan rontok pada waktunya kok.

Yang paling banyak seliweran di pasaran adalah yang berbahan aktif AHA, BHA, PHA, Seperti BENTON Aloe BHA Skin Toner dan SKIN1004 Madagascar Centella Toning Toner juga campuran ketiga ha-ha tersebut, lalu ada Mandelic Acid, Lactic Acid, dan Cocktail (campuran berbagai jenis fruit acids).

Dalam khazanah skincare Korea, peraturan pemerintahnya mewajibkan berbagai asem-aseman ini untuk didapatkan dari tumbuhan dan buah serta dalam konsentrat rendah (makanya kan jarang ada Exfoliating Serum Korea).

Kalau nggak salah, peraturan terakhir BPOM Korea hanya mengijinkan maksimal konsentrat acid di kisaran 4% aja (CMIIW). Untuk produk-produk ini, tolong diperhatikan baik-baik cara penggunaan, urutannya, jeda, dosis dan protokoler. 

Banyak sekali variasi dan efek samping yang bisa malah bikin muka berantakan. Sekali lagi, pahami kebutuhan kulitmu, jangan sembarang ikut-ikutan temen ya kakak-kakak. 

Sebagai geng #kinclongunited, gunakan produk ini dengan optimal untuk mengangkat kulit mati, memaksimalkan penyerapan Skincare lanjutannya, memudarkan bekas jerawat dan noda (tertentu), anti-aging, dan bikin glowing.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Exfoliating Toner?

Penggunaan hampir selalu pertama setelah cleansing, kasih jeda sebentar supaya kering sempurna sebelum dilanjutkan dengan skincare routine sesuai #beningbersinarFAQ bagian Skincare Steps dan Moisturizing Steps.

Dan inget bahwa TIDAK semua orang perlu, dan butuh pakai acids.

Jenis dan formulasinya beraneka ragam, jadi kalau nggak cocok 1 jenis jangan terus yakin bahwa nggak bisa pakai acid apapun (AHA, BHA, PHA, Lactic, Ascorbic, Mandelic, Azelaic, blablabla).

Hal yang sama juga tentang Retinol, yang bukan saja mencegah keriput tapi juga membantu menghaluskan kulit dan mencegah jerawat. Acid dalam bentuk Retinol ini hampir selalu ditemukan dalam bentuk serum, emulsion, atau cream. 

Yang dimaksud sebagai Exfoliating Treatment adalah produk-produk yang lebih kuat kerjanya dari Exfoliating Toner, tapi belum masuk ke perawatan khusus. Contohnya seperti SOMETHINC AHA BHA, Dr. Hsieh 10% Mandelic Acid Home-Peeling Liquid. Penggunaannya jangan dikombinasi lagi oleh produk exfoliating apapun secara bersamaan (termasuk Vit. C Serum, Retinol, apalagi NOVEXPERT The Peeling Night Cream atau SKEYNDOR Derma Peel Pro Resurfacing Peel Concentrate).

Exfoliating Toner/Pads/Treatment ini dianjurkan digunakan HANYA sekali sehari maksimal tanpa dikombinasi produk lain yang exfoliating juga. Ingat akan bahaya Over-Exfoliation, jangan dihajar terus kulitnya.

Dan jika memutuskan untuk menggunakan slot ini, ada 2 kewajiban #rakyatjelita yang HARUS dilakukan (tanpa ada tapi-tapian), yaitu :

  1. Setelahnya WAJIBBB dibayar lunas dengan penggunaan hydrating toner yang bagus juga.
  2. Mutlak HARUS pakai sunblock SPF 50 SETIAP HARI (iya meskipun nggak keluar rumah kecuali kalau kamu tinggal didalam gua Nyi Blorong yang kedap cahaya matahari).

Juga dampak jaman modern, sekarang juga mulai banyak terdapat Exfoliating Toner yang juga Hydrating. 

 

Kesimpulan

Exfoliating Toner dengan kandungan AHA, BHA, PHA atau Acids yang cukup mild, dapat membantu meluruhkan kulit mati, menyeimbangkan pH kulit kembali setelah cleansing, sekaligus memberi asupan kadar air pertama dan melembapkan kulit. Tetap gunakan di slot pertama setelah cleansing, kemudian lanjutkan dengan First Essence ya.

Mau cari Exfoliating Toner ciamik? Klik di sini.

Baca lebih lanjut

Infografis skincare 10 steps - Bening Bersinar

Moisturizing Steps

Stempel kurasi produk versi Bening Bersinar

STEMPEL BENING BERSINAR!

Ilustrasi rekomendasi skincare - beningbersinar

Rekomendasi

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar.
Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan.